Lambat Diangkut, Dua Anggota DPRD Prabumulih Sidak Langsung ke TPA Sampah di Prabumulih


 

Prabumulih, Merdekasumsel.com — Tindak lanjuti banyaknya keluhan warga soal sampah yang lambat diangkut beberapa waktu lalu, dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih Feri Alwi SH bersama Ade Irama SH MH, lakukan Sidak (Inspeksi Dadakan) ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah kota Prabumulih, Selasa (4/6/2024).



Pantauan dilapangan, lokasi TPA yang berada di wilayah kelurahan Sungai Medang atau tak jauh dari kantor PDAM Prabujaya tersebut, diketahui akses jalan disekitar TPA tersebut banyak rusak dan berlumpur sehingga diduga menjadi kendala pihak TPA tersebut dalam melaksanakan mobilitasnya. 



Ketika dibincangi usai sidak langsung di TPA Prabumulih Feri Alwi SH mengatakan, kunjungan tersebut tindak lanjut dari banyaknya keluhan masyarakat terkait sampah permukiman yang lambat diangkut. 



"Kami menindak lanjuti keluhan masyarakat terkait dengan TPA ini terutama aksesnya dan setelah kita cek memang akses menuju TPA ini rusak berat kalau kita lihat, dan tadi kami juga sudah sampai kan solusi jangka pendeknya jalan yang sudah ada ini harus dibersihkan dari sampah Jadi mobil-mobil pengangkut sampah itu tidak harus antri diluar, itu solusi jangka pendeknya. Sedangkan kedepan jalan yang menuju ke TPA ini insyaallah akan di anggarkan di APBD,"tutur Feri Alwi yang sekaligus sebagai Ketua Komisi III bidang Pembangunan di DPRD Kota Prabumulih.



Dengan didampingi anggota DPRD Ade Irama SH MH lanjutnya, kalau memungkinkan anggaran perbaikan jalan TPA tersebut rencananya akan diusulkan di perubahan 2024 ini. 



"Kalau anggaran memungkinkan 2024 ini kita anggarkan. Ya seberapa dapat dulu, jadi kita untuk mengatasi ini dulu, jangan sampai sampah itu numpuk. Karena keluhan di masyarakat itu kan Perkim ini agak lambat untuk angkut sampah-sampah yang ada di perkampungan. 



Nah setelah kita cek ya kendalanya ini jalan ini juga sampah-sampah yang diangkut masyarakat ke sini juga terkendala juga. Ini kendala utama di TPA ini jalan akses di TPA ini itu yang harus cepat kita atasi dulu," tegasnya.



"Masuk skala prioritas di perubahan 2024, pokoknya kita prioritaskan untuk jalan ini di perubahan 2024 ini."tukasnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Prabumulih Mai Duty mengatakan, seperti yang disampaikan bapak-bapak dewan pihaknya akan segera merealisasikan saran tersebut. 



"Untuk jangka pendek kita akan memperbaiki akses semampu kita secara swadaya, kita akan mencoba memperbaiki mumpung musim kering, jadi kita akan memperbaiki akses mobilitas TPA ini.



Sedangkan untuk jangka panjangnya kita coba untuk memperbaiki sampai ke pengolahan sampahnya, jadi kedepan dak bisa lagi cuman numpuk tapi harus diolah, mungkin dengan system, dan mesin-mesin, jadi nanti kita akan minta bantu pihak pusat sekaligus untuk peningkatan TPA ini," Pungkasnya.(FAP/*)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar